Memperbaiki Layar Sentuh pada Smartphone Android

0
19
Memperbaiki Layar Sentuh pada Smartphone Android

Teknologi (Aisha.co.id) Salah satu bagian paling penting dalam sebuah ponsel android adalah layar. Ia sebagai tempat menulis, chatting, browsing dan muka depan untuk melakukan segala aktifitas. Dapat dibayangkan jika layar ponsel mati akan membuat segala aktifitas di ponsel akan ikut terhenti. Atau dengan kata lain, sobat tak dapat menggunakan smartphone sama sekali. Dengan rusak atau matinya layar berarti hp tersebut disebut mati total atau matot. Dan jika layar tidak berfungsi sama sekali akan membuat harga hp tersebut sangat murah.

Ada banyak jenis kerusakan pada layar sentuh ponsel android. Dari rusak ringan sampai terparah seperti kerusakan pada LCD maupun layar retak dan tak berfungsi sama sekali. Kejadian layar touch screen rusak pada hp sudah seringkali terjadi pada ponsel yang sering dipakai. Apabila anda memiliki masalah yang sama yakni layar ponsel mengalami gangguan, tidak merespon sama sekali atau kerusakan maka janganlah panik.

Memperbaiki Layar Sentuh pada Smartphone Android

Berikut ini akan penulis jelaskan cara memperbaiki layar sentuh smartphone android tidak merespons, antara lain :

1.Bawa ke tempat service
Cara paling mudah adalah membawa smartphone yang rusak layarnya itu ke service center terdekat apabila ponsel yang anda beli tersebut masih baru dan ada masa garansinya. Biaya perbaikan biasanya gratis. Namun jika ponsel pintar yang anda miliki sudah tidak ada garansinya maka anda bisa membawanya ke tempat service hp terdekat. Utarakan kerusakan layar pada ponsel anda dan berapa biaya perbaikannya.

2.Memperbaiki sendiri
Namun alangkah baiknya sebisa mungkin anda memperbaiki layar smartphone android anda yang sedang bermasalah dengan tangan anda sendiri. Sebab mungkin kerusakan touch screen pada hp anda sangat enteng sehingga bisa anda perbaiki sendiri. Anda bisa mencari sumber referensi terpercaya cara memperbaiki layar android di google. Kalaulah anda sudah tidak sanggup lagi memperbaiki layar touch screen hp yang rusak itu maka anda dapat membawanya ke tempat service hp terdekat dengan biaya sesuai jenis kerusakannya.

3.Ghost Touching
Salah satu bentuk kerusakan pada layar ponsel android yaitu suatu aktifitas berjalan layar hp android dengan sendirinya tanpa disentuh. Hal ini biasanya terjadi karena arus listrik yang berlebihan terdapat pada smartphone atau LCD yang mengalami kerusakan. Situasi ini dapat terjadi karena sering melakukan pengisian daya pada hp dengan charger yang palsu atau yang tak sesuai dengan peruntukannya maupun menggunakan charger dengan tegangan tinggi dan charger yang rusak. Maka berhati-hatilah dalam melakukan pengisian daya smartphone jangan sembarangan menggunakan charger! Pilihlah charger yang original sesuai dengan peruntukannya.

4.Layar retak atau pecah
Kondisi ini pernah dialami oleh penulis yaitu layar smartphone android mengalami pecah atau retak. Hal ini mengakibatkan layar touch screen tidak berfungsi sama sekali. Layar ponsel android yang pecah dan retak diakibatkan oleh kesalahan penulis dalam menyimpan ponsel ketika sedang di charge. Dimana diletakkan di tempat yang tinggi. Ketika ada panggilan telepon maka tablet terjatuh hingga layar pecah dan retak.

Untuk memperbaiki layar smartphone yang retak dan pecah sangatlah mudah. Anda dapat mengganti layar touch screen dengan yang baru seharga Rp 70 ribu. Jika anda ingin mudah maka anda bisa membawanya ke tempat service dengan mengganti biaya pembelian layar touch screen baru dan biaya pemasangan total Rp 100 ribu.

5.Dead Pixel
Suatu kondisi layar touch screen yang mana sejumlah pixel mengalami kematian. Yang ditandai dengan tidak menyalanya sebagian layar yang berbentuk hitam atau noda buram kecil. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus dapat menginfeksi ke seluruh layar hingga layar gelap. Tak mau kan ponsel android anda mengalami demikian? Oleh sebab itu apabila anda mendapatkan gejala ini di ponsel pintar anda sebaiknya anda memperbaiki dengan cepat memakai aplikasi bernama Pixel Fixer.

6.Baret
Suatu kondisi layar smartphone yang baret atau tergores. Biasanya disebabkan oleh kuku yang tajam atau tergores benda tajam. Jika layar android banyak goresan maka bisa saja membuat layar sentuh tak berfungsi lagi. Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari layar smartphone rusak tergores atau baret maka anda bisa memasang pelindung layar atau tempered glass yang harganya murah sekitar Rp 15 ribu.

Namun jika ponsel android anda terlanjur baret maka anda bisa mencoba cara ini. Olesi bagian layar yang baret menggunakan pasta gigi. Diamkan beberapa saat. Lalu gosoklah secara perlahan menggunakan lap fiber yang bersih. Lakukan tiga kali hingga baret pada ponsel benar-benar hilang.

7.Layar Tak Sensitif
Ketika menggunakan hp android tiba-tiba layar sentuh tidak sensitif lagi maka anda bisa mengatasinya dengan cara mematikan ponsel. Setelah itu nyalakan kembali. Hal itu berlaku bagi layar yang tak sensitif pada seluruh layar. Namun jika ada sebagian bagian layar atau tombol Home, Back yang tak sensitif atau tak berfungsi lagi maka anda bisa menggunakan dengan tombol virtual dengan memasang aplikasi Soft Keys yang bisa didownload secara gratis di google playstore.

Demikianlah cara memperbaiki layar sentuh smartphone android yang tidak merespons. Kejadian layar rusak di atas sebagiannya dapat dicegah dengan cara memasang tempered glass maupun pelindung bodi ponsel.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here