Mengatasi Dan Memperbaiki Smartphone Mati Total

0
21
Mengatasi Dan Memperbaiki Smartphone Mati Total

Teknologi (Aisha.co.id) Salah satu kejadian yang tidak diinginkan terjadi bagi setiap pengguna smartphone adalah ponsel pintarnya mengalami kerusakan seperti mati total atau matot. Kalau hal ini terjadi maka smartphone yang ia miliki tidak bisa dipergunakan lagi. Selain itu, harga jualnya menjadi turun drastis. Bahkan bisa saja ponsel cerdas canggih yang dipunyai seseorang yang dibeli dengan harga jutaan menjadi harganya Rp 100 ribu disebabkan dalam kondisi mati total atau matot.

Bagi seseorang yang mengalami demikian pastinya akan merasakan panik dan cemas. Bahkan frustasi. Mimpi buruk ponsel tak bisa digunakan lagi dan ia harus siap mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk memperbaiki smartphonenya yang mati total tersebut. Selain itu, ia tidak bisa lagi menggunakan smartphone yang merupakan benda sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk keperluan berkomunikasi, mencari informasi terbaru, chatting, eksis di media sosial, berfoto, membuat dokumen, membuat video dll.

Di berbagai grup di Facebook maupun forum jual beli barang bekas online banyak sekali orang yang menjual handphone dalam kondisi mati total. Harga yang ditawarkan sangat murah dikisaran Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu. Hal ini tak terlepas dari smartphone yang mati total laksana sampah yang tidak bisa berfungsi dan dipergunakan sama sekali. Seperti yang dialami oleh rekan penulis yang tablet Advan miliknya mati total dan dijual di pasaran laku Rp 50 ribu.

Ciri sebuah smartphone mengalami mati total adalah ketika tombol power on dinyalakan maka layar tidak menyala dan hanya menampilkan layar berwarna hitam blank. Jangan sampai ponsel pintar yang anda miliki dalam kondisi mati total seperti ini.

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Smartphone Mati Total

Sementara itu, sebuah smartphone bisa menjadi mati total disebabkan banyak hal. Seperti ponsel jatuh, ponsel terinjak dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, berikut ini tips dan cara mengatasi atau memperbaiki smartphone yang mati total secara mudah, antara lain :

1.Layar Mengalami Kerusakan
Salah satu sebab sebuah smartphone mengalami kondisi mati total bisa dikarenakan layar ponsel berupa LCD yang mengalami kerusakan. Sehingga untuk memperbaiki smartphone yang matot tersebut harus mengganti layar yang rusak tersebut dengan layar yang baru. Harga jasa perbaikan dan penggantian layar LCD baru sekitar Rp 150 ribu.

Kejadian smartphone mati total akibat terjatuh pernah dialami penulis. Suatu hari smartphone android Advan milik penulis berdering. Tiba-tiba anak penulis yang saat itu berusia empat tahun mengambil ponsel tersebut dan kemudian jatuh secara keras ke lantai. Setelah itu smartphone tak bisa dinyalakan alias matot.

2.Tidak bisa dicharge
Ponsel yang tidak bisa dicharge akan mengakibatkan mati total. Biasanya ini terjadi karena kerusakan pada port USB. Cara mengatasinya dengan memperbaiki port USB yang rusak atau anda dapat melakukan pengisian baterai hp dengan charger desktop.

3.Charger rusak
Charger yang rusak dapat pula menyebabkan baterai smartphone tak dapat diisi ulang. Hingga ponsel mati total dan tak dapat menyala. Untuk mengatasinya anda bisa memperbaiki charger yang rusak tersebut. Periksalah kabel charger dan pastikan dalam kondisi bagus dan tak ada yang terputus. Selain itu, periksa port atau ujung kabel charger. Jika ada kotoran dan debu maka anda bisa membersihkannya. Jika charger tidak bisa diperbaiki lagi maka jalan terakhir adalah membeli charger original baru yang bagus.

4.Melakukan pengecekan kondisi baterai dan kabel-kabelnya
Baterai pada smartphone setiap tahun kualitasnya menurun dan pula memiliki jangka hidup dalam waktu tertentu. Baterai hp yang rusak membuat ponsel tak dapat menyala alias mati total. Sehingga anda bisa memeriksa kualitas baterai hp dengan cara melakukan pengecasan. Jika ada respon di layar maka baterai hp dalam kondisi baik. Namun bila di layar hp tak ada respon maka baterai hp rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Smartphone yang matot merupakan mimpi buruk bagi semua pengguna ponsel pintar di seluruh dunia. Oleh karenanya, pencegahan lebih baik ketimbang memperbaiki ponsel pintar yang matot. Adapun cara mencegah smartphone yang mengalami kondisi mati total adalah dengan menghindarkan diri ponsel pintar jatuh atau mengalami benturan keras. Sebab dapat menyebabkan kerusakan komponen di dalamnya dan membuat ponsel tidak dapat menyala atau mati total.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here