Merawat Smartphone Android Supaya Awet Dan Tak Lelet

0
32
Merawat Smartphone Android Supaya Awet Dan Tak Lelet

Teknologi (Aisha.co.id) Pada kesempatan di pagi hari yang cerah ini, penulis akan menjelaskan cara merawat smartphone android supaya awet dan tak lemot. Hal ini perlu diketahui oleh anda semua supaya ponsel pintar yang anda beli benar-benar awet digunakan dalam jangka waktu sangat lama. Karena saat ini seringkali seseorang yang baru saja membeli sebuah smartphone tiba-tiba hpnya jadi rusak disebabkan oleh sesuatu hal. Atas latar belakang itulah, penulis akan menguraikan secara tuntas dan lengkap berupa tutorial dan tips kiat memelihara smartphone supaya tahan lama dan awet. Hal ini diperlukan karena anda tidak inginkan membuang-buang uang untuk membeli hp baru atau bolak balik ke service center yang memerlukan waktu dan biaya!

Pertumbuhan jumlah pengguna ponsel pintar saat ini sangat tinggi. Berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa dan lanjut usia terbiasa menggunakan handphone android untuk kebutuhan internetan, komunikasi, chatting, browsing, searching, media sosial, shopping, bisnis online dan lain sebagainya. Sehingga saat ini satu orang umumnya sudah mempunyai satu buah ponsel. Dan sangat mudah menjumpai orang sedang menggunakan hp di suatu sudut kota atau daerah. Tak ada yang salah dengan semua itu. Semua terjadi disebabkan kecanggihan teknologi komunikasi yang ada. Yang memudahkan manusia dalam beraktifitas sehari-hari dalam segala bidang kehidupan.

Cara Merawat Smartphone Android supaya Awet dan Tak Lelet

Bagi anda yang mempunyai ponsel pintar saat ini, berikut ini beberapa cara merawat smartphone android supaya awet dan tak lemot, antara lain :

1.Menggunakan tempered glass atau pelindung layar

Salah satu penyebab sebuah smartphone mengalami kerusakan seperti layar pecah yaitu tertindih atau terjatuh. Hal ini disebabkan beberapa hal. Seperti hp terinjak, tertindih, hp terjatuh dan lain sebagainya. Sebuah handphone yang tidak memasang tempered glass maka pada saat terjatuh bisa mengakibatkan layar pecah atau retak. Namun sebaliknya jika ponsel anda dipasangkan tempered glass maka kerusakan layar akan minim bahkan layar tidak akan mudah retak atau pecah.

Oleh karena itu, salah satu cara merawat hp supaya awet dan tahan lama dengan memasang tempered glass pada ponsel anda. Harga tempered glass berikut pemasangan sudah sangat murah dari mulai Rp 15 ribu. Umumnya pabrikan tidak melengkapi ponsel mereka dengan fasilitas layanan ini. Sehingga penggunanya harus mengeluarkan uang lebih untuk menjaga keawetan hp yang dibelinya supaya terlindungi dari layar pecah akibat jatuh, tertindih, terinjak maupun dari goresan kuku yang kasar. Sobat dapat membeli pelindung layar atau tempered glass di toko accessoris hp terdekat.

2.Memasang pelindung bodi

Berikutnya cara melindungi hp dari kerusakan supaya tetap awet yaitu dengan memasangkan pelindung bodi pada smartphone. Sehingga jika ponsel terjatuh ke lantai atau tanah tidak mengalami kerusakan berarti atau terlalu parah.Kerusakan akan terjadi pada pelindung bodi ponsel dan tidak sampai ke ponsel. Bandingkan jika ponsel pintar yang terjatuh tanpa pelindung bodi akan membuat ponsel anda rusak berat seperti bodi pecah, retak dan hancur. Harga pelindung bodi hp sangat murah hanya puluhan ribu rupiah. Itu merupakan sarana investasi bagi smartphone anda. Sama seperti membeli tempered glass.

Selain itu, penggunaan pelindung bodi pada hp mencegah ponsel rusak akibat tertindih maupun terinjak. Namun pastikan pelindung bodi ponsel terbuat dari bahan yang kokoh, kuat dan solid. Anda bisa membeli pelindung bodi ponsel di toko aksesoris ponsel terdekat secara offline maupun online.

3.Tidak menggunakan ponsel pintar pada waktu sedang dicharge

Karena hal ini bisa mengakibatkan baterai ponsel menjadi panas. Yang membuat kerusakan pada baterai hp berupa mesin hp panas dan baterai menjadi kembung, konslet hingga rusak parah. Pendek kata, hindari penggunaan hp ketika dicharge untuk segala aktifitas seperti bermain hame, menulis, chatting, browsing dll. Biarkan ponsel pintar anda istirahat sejenak dan dicharge sampai baterai penuh. Hal ini akan membuat hp anda awet dan tahan lama.

4.Menghapus widget dan aplikasi sampah

Apa itu widget dan aplikasi sampah? Yaitu sebuah widget maupun aplikasi yang tidak dibutuhkan atau jarang dipakai oleh pemilik ponsel. Sehingga aplikasi ini atau widget ini menghabiskan banyak memori maupun RAM dan CPU. Yang dapat berakibat kinerja ponsel menjadi lemot atau lambat. Oleh sebab itu, cara membuat hp lebih awet dan tahan lama salah satu caranya dengan menghapus file-file, aplikasi maupun widget sampah supaya performa smartphone anda tetap stabil dan cepat.

5.Rutin update aplikasi ke versi teranyar

Berbagai aplikasi yang terdapat di ponsel android anda secara berkala harus dilakukan update. Supaya terhindar dari virus, meningkatkan kinerja ponsel, dll.

Demikianlah cara merawat smartphone android supaya awet dan tak lemot. Cara ini terbilang mudah, simpel dan berbiaya murah. Silakan mencobanya sendiri! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here