Pengisian Daya Smartphone Menggunakan Jendela Rumah Dan Gesekan

0
40
Pengisian Daya Smartphone Menggunakan Jendela Rumah Dan Gesekan

Teknologi (Aisha.co.id) Teknologi berkembang sangat cepat dan merambah ke berbagai segi kehidupan manusia. Dari hal terkecil sampai terbesar. Dari satu teknologi baru berkembang ke teknologi yang lebih baru. Hal itu terjadi setiap hari dan dilakukan semata-mata untuk menciptakan kehidupan manusia yang lebih praktis, hemat, efektif, efisien, mudah dan menyenangkan.

Salah satunya dalam bidang pengisian baterai ponsel. Jika biasanya untuk mengisi ulang daya smartphone seseorang melakukan pengecasan menggunakan alat charger yang tersambung sumber listrik. Maka di masa mendatang untuk melakukan pengisian daya ponsel pintar cukup hanya dengan modal jendela yang pastinya ada di setiap rumah.

Jendela merupakan bagian dari struktur bangunan rumah. Fungsinya sebagai sirkulasi udara.Dapat dipastikan rumah yang sehat mempunyai jendela. Dan hampir semua rumah saat ini menggunakan jendela baik berukuran besar maupun kecil, dalam jumlah banyak maupun dalam jumlah sedikit. Namun di jaman modern kelak, fungsi sebuah jendela rumah bukan hanya sebagai tempat sirkulasi udara dan sebagai tempat masuk cahaya matahari. Namun juga berfungsi sebagai alat untuk mengisi daya baterai smartphone.

Pengisian Daya Smartphone Menggunakan Jendela Rumah Dan Gesekan

Sebenarnya para ilmuwan modern saat ini tengah mencari alternatif-alternatif alat pengisian baterai smartphone yang lebih canggih dan praktis. Ada yang menciptakan alat pengisian baterai hp dengan menggunakan gesekan sepatu. Dan ilmuwan di Michigan State University membuat alat pengisian daya baterai menggunakan jendela rumah. Hal ini membuat alat charger yang selama ini digunakan orang tidak diperlukan lagi. Karena pengisian daya baterai ponsel bersifat otomatis.

Cara kerja jendela rumah sebagai alat pengisian daya smartphone secara otomatis adalah menggunakan teknologi yang bernama panel konsentrator tenaga cahaya matahari transparan yang alami. Dengan demikian, sinar matahari yang mengenai kaca jendela diubah menjadi sel fotovoltaik. Teknologi ini berbeda sekali dari teknologi panel surya matahari yang tengah dirancang Sharp.

Para ilmuwan di Michigan USA ini sangat yakin bahwa penelitiannya akan berhasil. Dan di masa depan pengisian daya baterai hp cukup menggunakan jendela rumah. Ada banyak kelebihan melakukan pengisian ulang baterai smartphone menggunakan jendela rumah yang dilengkapi panel tenaga matahari transparan. Seperti pengisian baterai ponsel lebih efisien, efektif, mudah dan cepat serta otomatis.

Dengan ditemukannya teknologi jendela rumah yang bisa dijadikan alat untuk mengisi daya baterai ponsel secara otomatis akan membuat sebuah perubahan besar dalam sejarah peradaban manusia. Sebuah jendela bukan hanya bermanfaat bagi bangunan itu sendiri tapi juga bermanfaat bagi pengguna ponsel pintar. Satu kayuh dua pulau terlampaui, begitulah istilahnya.

Disamping penemuan inovasi jendela rumah yang bisa dijadikan alat untuk mengisi daya baterai smartphone secara otomatis maka ada yang lebih luarbiasa di masa depan. Yakni pengisian baterai hp dengan cara diusap. Sehingga tak usah direpotkan dengan membawa charger untuk mengisi daya smartphone. Cukup diusap saja layar smartphone maka dengan sendirinya baterai smartphone sudah terisi. Teknologi ini sedang dikembangkan oleh para ilmuwan di University Buffalo dan tahap ini masih dalam fase nirkabel atau wireless charging.

Dengan penyempurnaan lebih lanjut pastinya di masa depan teknologi yang diberi nama Triboelectric ini akan membuat proses charging tidak lagi dibutuhkan alat charger dan colokan sumber daya listrik. Pengecasan dilakukan dengan cara mengusap ponsel menggunakan tangan.

Pendek kata, teknologi pengisian daya ponsel di masa depan akan menggunakan teknik Triboelectric yang lebih praktis dan mudah. Cara kerja sistem ini dimulai dari sebuah material lempengan yang diberikan muatan listrik lewat sistem gesekan atau sentuhan. Dengan mencontoh sistem atau cara kerja kaca yang jika digosok-gosokkan pada bulu wol dapat mempunyai listrik atau mencontoh sistem kerja sisir yang apabila digosok-gosokan ke rambut bakal mampu menarik kertas dengan muatan listrik yang dimilikinya akibat gosokan.

Rupanya di masa mendatang tidak akan lagi dikenal charger. Pengisian daya smartphone dilakukan dengan cara diusap ataupun menggunakan jendela rumah. Bagaimana anda tertarik dengan teknologi ini? Kita tunggu saja kehadiran teknologi canggih ini di masa mendatang! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here