Tips Melawan Cyberbullying di Medsos

0
51
Tips Melawan Cyberbullying di Medsos

Tips (Aisha.co.id) Akhir-akhir ini di tengah masyarakat tanah air sedang marak kasus bully. Baik yang menerpa artis, pejabat, selebritis sampai masyarakat pada umumnya. Adapun pengertian bully itu sendiri yaitu suatu bentuk kekerasan, penindasan maupun penghinaan. Namun seiring dengan perkembangan jaman yang ada dan kehadiran internet beserta lahirnya media sosial membuat tindakan buli dapat dilakukan di media sosial yang dinamakan juga cyberbullying.

Tak terhitung banyaknya kasus bully di masyarakat Indonesia. Yang paling menonjol yaitu kasus cyberbullying yang dialami oleh anak Ussy Sulistyawati dan Denada. Mereka dihina dan diberi kata-kata kasar. Bukan hanya anak kecil, semua kalangan berpotensi terkena cyberbullying. Namun kita dapat melihat bahwasanya mayoritas kasus bully dilakukan terhadap anak kecil. Untuk mencegah tindakan cyberbullying, berbagai pihak seperti pihak swasta dan pemerintah telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Seperti menggalakkan kampanye anti bully maupun membuat Undang Undang ITE.

Dengan maraknya cyberbullying itu pastinya membuat masyarakat resah gelisah. Sehingga sebagian korban melaporkan kejadian cyberbullying yang ia terima di internet kepada pihak kepolisian. Negara Indonesia yaitu negara hukum. Segala persoalan bully dapat dilaporkan untuk proses hukum. Dan sudah seharusnya kita waspada dan menjauhi dari tindakan bully. Yang bukan hanya merugikan orang lain tapi juga merugikan diri sendiri. Berkomentarlah dengan baik dan sopan di medsos.

Cyberbullying di sosial media lebih berbahaya ketimbang bully secara langsung. Karena pelakunya yang tersembunyi dan dapat disaksikan banyak orang. Bagi anda yang pernah merasakan di bully di media sosial seperti facebook, instagram, twitter, line, whatsapp dan lain-lain pastinya merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Bentuk cyberbullying dapat berupa hinaan, cemoohan, fitnah, pencemaran nama baik dan lain sebagainya yang umumnya diletakkan pada kolom komentar. Namun ada lagi perbuatan bully yang lebih parah yakni melakukan peretasan atau hack akun media sosial seseorang. Kemudian melakukan penipuan maupun memasukkan konten atau gambar tak senonoh di dalamnya.

Tips Ampuh Melawan Cyberbullying di Medsos

Apabila anda merupakan korban bully dari orang yang tidak bertanggungjawab maka anda jangan berdiam diri. Namun lawanlah tindakan cyberbully tersebut. Supaya para pelaku bully jera dan menghentikan perilaku buruk tersebut. Berikut ini cara ampuh melawan cyberbullying di medsos, antara lain :

1.Bersikap tenang dan tak merespon. Dengan demikian, para pelaku bully menghentikan perbuatannya secara tidak langsung. Sebaliknya, jika anda merespons komentar negatif yang mencela, menghina, mengejek, mencemooh, mencaci maki dan mengintimidasi maka para pelaku Bully akan merasakan kepuasan. Dan pastinya mereka akan semakin merajalela dalam melakukan tindakan bully di media sosial.

2.Tidak melakukan balas dendam. Seseorang yang melakukan bully di internet dapat dilakukan secara sengaja maupun tak sengaja. Jika pelaku bully melakukan cyberbullying tanpa sengaja lalu meminta maaf kepada anda maka maafkanlah dan jangan melakukan balas dendam. Dengan melakukan balas dendam terhadap pelaku cyberbullying maka anda tak akan menyelesaikan masalah. Justeru menambah tindakan bully semakin marak.

3.Simpanlah bukti cyberbullying. Jika pelaku bully semakin merajalela melakukan perbuatan bully yang merugikan nama baik anda dan mereka tak menghentikan bully tersebut maka anda dapat melaporkan kepada pihak kepolisian dengan barang bukti yang sudah sobat kumpulkan. Supaya pelaku bully dapat dihukum sesuai perbuatannya.
Demikianlah cara ampuh melawan cyberbullying di medsos. Semoga bermanfaat bagi anda khususnya para siswa sekolah. Dan mudah-mudahan tak ada lagi cyberbullying di Indonesia. Mengingat berdasarkan data dari pihak PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa bahwasanya 150 juta siswa di dunia telah menjadi korban bully teman satu sekolahnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here